Sabtu, 30 Agustus 2014

Organisasi Komputer - Memory

Memori adalah bagian dari komputer tempat program – program dan data – data disimpan. Bebarapa pakar komputer (terutama dari Inggris) menggunakan istilah store atau storage untuk memori, meskipun kata storage sering digunakan untuk menunjuk ke penyimpanan disket. Tanpa sebuah memori sebagai tempat untuk mendapatkan informasi guna dibaca dan ditulis oleh prosesor maka tidak akan ada komputer – komputer digital dengan sistem penyimpanan program.
Walaupun konsepnya sederhana, memori komputer memiliki aneka ragam jenis, teknologi, organisasi, unjuk kerja dan harganya. Dalam bab ini akan dibahas mengenai memori internal dan bab selanjutnya membahas memori eksternal. Perlu dijelaskan sebelumnya perbedaan keduanya yang sebenarnya fungsinya sama untuk penyimpanan program maupun data. Memori internal adalah memori yang dapat diakses langsung oleh prosesor. Sebenarnya terdapat beberapa macam memori internal, yaitu register yang terdapat di dalam prosesor, cache memori dan memori utama berada di luar prosesor. Sedangkan memori eksternal adalah memori yang diakses prosesor melalui piranti I/O, seperti disket dan hardisk.

Memori internal adalah memori yang dapat diakses langsung oleh prosesor register yang terdapat di dalam prosesor, contohnya : cache memori dan memori utama berada di luar prosesor.
Memori eksternal adalah memori yang diakses prosesor melalui piranti I/O. contohnya :   disket dan hardisk.
Sel memori memiliki dua keadaan stabil (atau semi-stabil), yang dapat digunakan untuk merepresentasikan bilangan biner 1 atau 0.

  • Sel memori mempunyai kemampuan untuk ditulisi (sedikitnya satu kali).
  • Sel memori mempunyai kemampuan untuk dibaca.
Operasi sel memori
Karakteristik
Macam/ Keterangan
Lokasi1. CPU
2. Internal (main)
3. External (secondary)
Kapasitas1. Ukuran word
2. Jumlah word
Satuan transfer1. Word
2. Block
Kinerja
1. Access time
2. Cycle time
3. Transfer rate
Tipe fisik
1. Semikonduktor
2. Magnetik
Karakteristik fisik
1. Volatile/nonvolatile
2. Erasable/nonerasable
Download : Rahman_ORKOM_Sesion 4.pptx 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar